Arris AC
Home Artikel AC Spin mudah rusak benar gak sih ?

AC Spin baik yang diesel maupun bensin mudah rusak terutama dikompresor , bahkan baru – baru ini ada cerita seorang kawan pengguna Spin sudah ganti kompresor sampai 3 kali dalam rentang waktu yang sangat pendek . Dimana letak kesalahannya ? Mari kita bahas  :

  • AC ini menggunakan singgel cooling fan dengan dua methode putar yaitu akan low speed saat AC on dan akan meningkat high speed saat ruang mesin benar – benar panas . Hal ini sangat berbeda dengan  singgle fan lainnya seperti yang digunkan disistim cooling fan segmen pasarnya Asia oriented . Karena sistimnya langsung high speed meskipun saat AC dihidupkan atau ada pula yang menggunakan dual cooling fan dan methodenya hampir sama yaitu low dan high speed . Sehingga meskipun menunggu untuk fan berputar kencang ( pada area panas tertentu ) dia ada dua motor fan yang mendukung .
  • Fan cooling di unit Spin untuk mendapatkan low speed position biasanya menggunakan instrumen tambahan Resistor sebagai penghambat nilai voltasenya dan ada semacam thermal fuse yang akan lepas “solderannya ”  nah inilah yang sering terjadi sebagai salah satu biang meningginya tekanan refrigrant , yang pada puncak seringnya terjadi maka berdampak langsung terhadap kompresor . Sedangkan yang sistim dual fan , low dan high speed positionnya berdasar pada diagram kelistrikan serie da paralel methode . Sehingga voltage dibagi dua kebutuhan motor saat low position speed dan paralel ( voltage penuh )  untuk high speed position .
  • Saat terjadi penggantian kompresor baru usahakan cleaning semua sisitim , baik cooling unit depan maupun belakang .Karena yang sering terjadi adalah sulitnya posisi letak sehingga kita enggan atau sekedar membersihkan diluar sistimnya .
  • Selalu ganti kondensor core saat kompresor ditemukan kotoran oli hitam dan jangan dibersihkan , mengapa ? Kondenser dengan model multy flow ( paralel type ) atau multy gate banyak jalan yang mudah dilewati freon ( berbeda dengan seri type ) . Sehinga jika salah satu ruasnya mampet maka saat dibersihkan sangat susah karena tekanan akan mencari ruas yang mudah ditembus baik angin maupun cairan R 11 sebagai saran pembersihnya .

Demikian ,

Komentar

Author
Bengkel AC Mobil di Semarang yang memiliki motto : Pilih dadi semut geni daripada buntut gajah – pilih jadi diri sendiri meski kecil tapi punya arti daripada besar tapi tidak punya peranan. Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.
Similar articles
0 180

Leave a Reply