Arris AC
Home Artikel Tentang fungsi oli kompresor ac mobil

Oli kompresor di ac mobil 

Oli kompresor di ac mobil apakah bisa berkurang dan mampu mengurangi tingkat pendinginan diruang cabin ? Tanya Bunga diyem suatu hari lewat bincang ditelpon .Bisa jawabku !!!

Salah satu factor kurang dinginnya suhu diruang cabin penumpang pada waktu AC dihidupkan adalah karena oli pelumas kompresor berkurang jumlahnya sehingga proses kompresi pemampatan maupun hisapnya terganggu. Mengapa demikian ? karena oli pelumas diruang kompresor juga berfungsi sebagai ring piston .Jadi apabila oli kurang baik  maka kompresinya jadi kacau dan akibat yang ditimbulkan adalah AC tidak terasa dingin diruang cabin penumpang . Oli yang berkurang biasanya juga dibarengi dengan refrigerant yang berkurang karena bocor .

Jadi bagaimana cara terbaik untuk perawatan AC yang baik supaya terhindar dari kerusakan fatal ? tanya Bunga diyem semakin penasaran sambil sedikit kemayunya .

1-kita mesti setia sama satu pelayanan bengkel jangan pindah kelain hati .Kok abotmen sarate om ?

Setia pada satu pelayanan agar kami tahu sejarah dari tiap -tiap unit yang kami service . Baik pergantian onderdil maupun penambahan oli maupun refrigrant yang dilakukan.Setiap mobil ada track record nya dan ditengeri satu persatu .

2-dalam setiap setahun sekali atau rentang kelipatannya unit harus mengalami cek up .Kenapa kok harus ? karena pecegahan dini dari sebuah kasus kerusakan serius akan terdeteksi atau minimal dapat ” wangsit ” dari setiap pemeriksaannya .

3-tahun pertama service unit anda yang kami lakukan adalah mengganti air filter cabin dan pengukuran ulang tekanan refrigrant.Karena dalam rentang pemakaian satu tahun tekanan refrigrant dapat berubah karena factor cuaca yang extrem misalnya .Mobil yang sering diparkir diruang terbuka [ terkena sinar matahari langsung maksutnya ] akan mudah berubah tekanan freonnya.Ini karena sifat dari refrigrant R134a yang digunakan memang sangat berdampak pada suhu luar.Artinya jika anda meggunakan unit usahakan diparkir ditempat teduh atau jika terpaksa karena keadaan lakukan step berikut :
– buka penuh kaca jendela
– tunda beberapa menit untuk tidak
menghidupkan AC .

Atau kalau mau cepat turun udaranya hidupkan blower saja tanpa on kompresor.

4-bersihkan selalu fin – fin ( sirip kondensernya ) dengan menyemprotkan air yang bertenaga keras atau dengan angin kompresor ke arah kondenser .

5-segera hubungi kami jika membutuhkan perawatan ac mobil di Arris ac mobil Semarang .Phone 0243548141-0243568071 .

-NOTE –
Setahun sekali service dan maksimal dua tahun atau 50.000 km ac mobil anda perlu ganti oli pelumas ( bilamana terindikasi olinya buruk dan bisa dilihat pada waktu ganti filter dryer  , olinya hitam) . Namun jika tidak berubah warna maka oli masih dapat digunakan lagi .

Oli dikompresor juga berfungsi sebagai ring piston saat akselerasi atau ac on . Jadi apabila olinya banyak berkurang bisa jadi ac mobil anda tidak terasa dingin karena kompresinya tidak sempurna .
Dengan alat flushing otomatis kerja cepat dan pengisian akurat . — di Arris AC.

Komentar

Author
Bengkel AC Mobil di Semarang yang memiliki motto : Pilih dadi semut geni daripada buntut gajah – pilih jadi diri sendiri meski kecil tapi punya arti daripada besar tapi tidak punya peranan. Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.
Similar articles

Leave a Reply