Arris AC
Home Artikel Oli kompresor diganti apa alasannya ?

Ramai – ramai orang pada komen di wall facebook saya , dari yang ngelike maupun komentar adu argument soal penggantian oli kompresor pada periode tertentu dengan alasan viscositas yang menurun ( walaupun dulu saya juga pernah meng iyakan pendapat ini , namun kemudian karena ada pemberitahuan yang lebih lanjut dari sumber yang dipercaya maka saya purnakan pendapat lama saya ) . Olie kompresor yang digunakan di unit refregrant R134a adalah menggunakan olie sintetik yang tidak mudah terbakar disuhu panas dan tidak beku didalam suhu dibawah 0 derajat dan ini adalah salah satu alasan mutlak untuk pemilhan jenis olie digunakan . Lalu bilamana syarat tersebut terpenuhi apakah masih ada alasan viscositas yang menurun ? adakah uji klinis penelitian yang mengatakan hal tersebut ?

Olie berkurang didalam kompresor mungkin jawabnya ya !!!! namun jika dicek jumlah olie yang ada disistim maka tetaplah masih ada dan jika berkurangpun hanya beberapa cc saja . Lantas mengapa olie dikompresor berkurang ? olie tersebut banyak terhambat dikondenser dan evaporator , mengapa ?

  • Lagi – lagi karena filter dryer yang jenuh menghambat fungsi hisap maupun tekan kompresor , piye critane kok bisa begitu ? Ketika AC beroperasi normal maka refrigrant dan olie pelumas ikut pula bersirkulasi kedalam semua instrumen . Paling banyak dan butuh proses lama olie bersirkulasi adalah didalam evaporator dan kondenser , mengapa ? karena material ini berbuku – buku sehingga perjalanan olie pelumas untuk bisa cepat kembali kedalam kompresor juga butuh waktu . Nah ketika sistim refrigerasi terhambat maka olie yang dipompakan oleh kompresor tadi juga mengalami penundaan atau tidak segera kembali mengisi ruang didalam kompresor . Akibatnya adalah pasokan olie dikompresorpun berkurang , padahal proses kompresi harus tetap berjalan . Akibtnya ? kompresor berkompresi tanpa pasokan olie yang mencukupi . Dan akibat yang paling sering terjadi muncul adalah suara berisik dari kompresor dan bahkan putusnya thermal fuse sebagai pengaman awal dari kerusakan serius .
  • Maka diunit AC mobil yang menggunakan single belt seringkali dilengkapi instrument tambahan seperti lock sensor atau sensor lainnya yang akan mengirimkan signal bias ke ECU dan kemudian ditengarai dengan berkedipnua lampu indikator AC

Penggantian olie dilakukan bukan dalam periode tertentu dengan alasan viscositas namun diganti semata karena unit tersebut adalah pelanggan baru kita dan tidak diketahuinya riwayat perbaikan maupun penggunaan material sebelumnya , dalam hal ini penggunan olie pelumasnya . Sehingga dengan penggantian olie diharapkan akan diterbitkannya database baru atas kendaraan tersebut secara SOP pelayanan perawatan dibengkel kita .

So do not be quick to assume that we turn off the pace of work with your own theory

Demikian ,

#arrisacproject

#bit.ly/arrisacsemarang

Komentar

comments

Please follow and like us:
0
Author
Bengkel AC Mobil di Semarang yang memiliki motto : Pilih dadi semut geni daripada buntut gajah – pilih jadi diri sendiri meski kecil tapi punya arti daripada besar tapi tidak punya peranan. Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.
Similar articles
0 346

Leave a Reply

Follow by Email
Facebook241
Facebook
Instagram146