Arris AC
Home Artikel Apa penyebab utama evaporator keropos ?

Apa penyebab utama evaporator AC mudah bocor ? Mari kita bahas secara uji teknis dan berdasar pengalaman dilapangan .

Evaporator adalah media dimana uap dingin dihasilkan yaitu dengan menarik panas ( kalori dari udara motor blower ) dalam proses kondensasinya . Untuk menghasilkan dingin seketika yaitu dalam hitungan detik AC dinyalakan suhu ruangan langsung turun maka dibuatlah pipa – pipa evaporator dari almunium tipis sehingga proses pengembunan cepat terjadi . Juga sistim yang sekarang digunakan rata – rata bertype multiple flow atau ada yang menyebutnya paralel . Sistim ini memungkinkan semua ruas evaporator teraliri refrigrant pada saat akserasi dan penguapan refrigrant terjadi serentak . Beda dengan type lama yang menggunakan serie type atau corrugated ( bergelombang dan cenderung satu pintu masuk refrigrant ) freon akan masuk pada satu pintu untuk penguapan diruang evaporator , akibatnya suhu udara dalam kabin agak lama turunnya .

Evporator yang dibuat tipis dan paralel akan sulit dibersihkan jikalau ada kotoran menyumbat atau sekedar uap air yang terjebak didalam ruas evaporator , karena sistim paralel memungkinkan usaha pembersihan ruasnya jika kotor terkendala oleh banyaknya pintu ruas masuk . Tekanan flushing otomatis ataupun manual ( baik metode menggunakan refrigrant maupun R11 atau angin sekalipun ) jika salah satu atau beberapa ruas evaporator terlanjur mampet maka cairan yang digunakan flushing akan mencari jalan keluar yang tidak ada hambatanya terlebih dahulu ketimbang mendoobrak jalan buntu . Ingat hukum alam sifat zat  cair, ia  akan mengalir kesuatu tempat terdekat yang tidak ada hambatan ketika melaju keluar sebuah ruang .

Lantas bagaimana mengatispasi supaya kotoran atau minimal uap air tidak terjebak dalam evaporator ?

  • Setiap 6 bulan sekali cek tekanan refrigrant disistim sirkulasi ( pilih bengkel yang menggunakan mesin 3R ) agar pengukuran refrigrant lebih akurat
  • Lakukan penggantian dryer setiap    1 tahun sekali  dan penggantian refrigrant sekaligus , hal ini untuk mengantisapi kotoran ataupun uap air ikut terbawa saat sirkulasi refrigrant didalam sistim .

Factor utama penyebab evaporator bocor adalah :

  • Dryer sudah tidak mampu menampung uap air ( jenuh )  dari hasil pemampatan refrgrant sehingga minimbulkan korosi dari dalam ruas evaporator dan inilah yang sering terjadi
  • Penggantian filter kabin dalam kurun waktu tertentu hanyalah tindakan pencegahan kotoran masuk dalam ruang case cooling unit namun tidak bisa mencegah proses korosi dari dalam sistim .

Demikian ,

#bengkelterdekat

#bengkelacmobilkotasemarang

#arrisacsemarang

Komentar

comments

Please follow and like us:
0
Author
Bengkel AC Mobil di Semarang yang memiliki motto : Pilih dadi semut geni daripada buntut gajah – pilih jadi diri sendiri meski kecil tapi punya arti daripada besar tapi tidak punya peranan. Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.
Similar articles
0 349

Leave a Reply

Follow by Email
Facebook241
Facebook
Instagram146