Arris AC
Home Artikel Membaca kode kompresor

Share artikel ini!

Pagi soadaraku semua , piye kabare ?
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Salam merdeka ,
Ada seorang penelpon ( calon konsumen ) menanyakan tentang pembacaan kode part number dibelakang kompresor yang benar . Ada tulisan 10 P13… apakah benar ada fungsi 10 Piston didalamnya ? Karena kemarin saya DIY coba bongkar kompresor mobil saya kok cuma ada 5 ya pak ? Mohon penjelasannya secara gamblang biar kalau kami DIY over houl kompresor mobil sendiri tidak harus kebengkel terdekat karena posisi kami jauh dari kota , kata penelepon diujung sana .

Jawaban saya sebagai kuli AC dan ini berdasar pada keilmuan yang saya dapatkan selama ini . Andai ternyata ada sesama pegiat yang merasa penjelasan saya tidak ada dasar tekniknya , ya silahkan dihapus atau delcont saja selesai .

°10P … dibaca 10 Piston , namun bukan berarti didalam silindernya ada 10 Piston , bukan ! 10 piston diasumsikan sebagai 10 langkah kerja dan terbagi dalam 2 fungsional . Yaitu 5 langkah tekan dan 5 langkah hisap . Mengapa bisa demikian ? Bagaimana cara kerjanya ?
Didalam silinder ada yang namanya plat miring ( swashplate ) adalah sebuah as panjang biasa namun di hampir setengah ruasnya terdapat plat miring . Dan plat miring inilah yang menggerakkan 5 piston sesuai putaran pada posisinya . Kalau diibaratkan seperti timbangan yang naik turun mengikuti posisi putar dari plat miring tersebut .

° Naik turunnya piston pada masing – masing posisi menimbulkan langkah kerja fungsinya . Artinya jika piston bergerak keatas maka dia berproses sebagai langkah tekan dan pada posisi turun maka dia berfungsi sebagai langkah hisap . Satu piston mewakili 2 ( dua ) fungsi seklaigus dalam beroperasi .
Demikian penjelasan saya buat pak Agung di Boja yang sedang belajar DIY .

Demikian ,

Komentar

Share artikel ini!

Similar articles
0 25

Leave a Reply