Arris AC
Home Artikel magnit stator tiba2 mati menjadi indikasi kompresor bermasalah

Share artikel ini!

Akir – akir ini banyak dari teman seprofesi maupun pengguna mobil ber – AC mengeluhkan soal saat penggantian magnit stator ( parts bagian dari kompresor yang depannya ada pulinya ) harus menurunkan kompresor dan membuang freon , kan biayanya jadi nambah dan tidak praktis gitu .

Perlu diketahui ( maaf hanya sekedar info saja ) bahwa jika suatu saat AC mobil anda tiba – tiba mengalami kerusakan atau mati magnitnya maka itu sebagai tanda atau indikasi bahwa sedang ada masalah didalam kompresor AC anda . Karena magnit yang kebakar atau thermal fuse yang putus menandakan kompresor sedang bekerja dalam kondisi berat . Hal ini bisa terjadi karena piston kurang oli pelumas atau mungkin piston sudah kemakan aus karena gesekan tapa ada oli pelumas . Jadi jika menemukan hal tersebut yang perlu dilakukan adalah :

  • turunkan kompresor dan tap ( kuras oli sisanya )
  • ganti filter dryer dengan yang baru
  • penuhi ruang kompresor dengan oli baru ( sesuai ukuran ) dengan memperhatikan jenis dari masing – masing type kompresor contoh 10PA15 berarti olinya 150 cc .
  • bersihkan aliran kondenser dengan meniupkan angin kedalamnya .
  • terakir lakukan pem-vacuuman yaitu dengan menyedot udara yang tersisa didalam sistim sirkulasi AC agar pada saat isi freon tidak ada udara yang ikut disirkulasikan . Sebab jika tersisa akan mengganggu kwalitas pendinginan ac anda .

Dari uraian tersebut diatas yang tidak kalah pentingnya adalah pengisian freon harus  pas akurat ukurannya demi sebuah hasil kerja  maksimal .

arris ac

rekajasa

Komentar

Share artikel ini!

Leave a Reply