Arris AC
Home Artikel Dengan melakukan perawatan AC berkala , anda ikut melestarikan lingkungan

Share artikel ini!

Dengan service AC rutin , anda juga ikut mencegah pemanasan global
Apa maksudnya ?

———————————————————————————–

Ac mobil itu terdiri dari beberapa parts yang saling mendukung satu sama lain dan terhubung oleh pipa serta selang karet . Pipa untuk penyambung parts yang tidak banyak gerak dan karet untuk dibagian kompresor ke cooling unit ( c/u ) dan  kondenser . Untuk ukuran panjang hose dibuat sebisa mungkin tidak lebih dari 1 meter , mengapa ? Karena hose yang terlalu panjang akan riskan  tingkat kebocorannya  .

Lantas apa hubungannya dengan service rutin mencegah pemanasan global? Begini ceritanya :

▪Ac harus memiliki  riwayat pemeliharaan dalam siklus tertentu yaitu :

– di tahun pertama km 10.000 dilakukan service ringan dengan membersihkan FC ( filter cabin ) jika masih bagus kondisinya dan cek tekanan freon serta cek kerenggangan clutch kompresor serta putaran extra fan jika menggunakan .

– ditahun kedua km 30.000 service besar dengan menurunkan cooling unit dan ganti oli pelumas jika memang kondisinya sudah kurang baik ( oli sudah berubah warna ) serta penalaan ulang jumlah refrigeant maupun oli pelumas .

Penggantian oli dan Refrigerant ( freon ) dimaksudkan adalah untuk menjaga kemurnian dari refrigerant  maupun oli dalam pemakaiannya . Oli bisa rusak kemurniannya karena didalam kompresor oli juga berfungsi sebagai ring piston ketika memompa refrigerant keseluruh sistim . Karena konstruksinya memang tidak menggunakan ring piston dan menggantungkan penuh dari kepekatan oli pelumas yang ada . Ada yang bilang bahwa AC model lama ( type 6P 148 6P127 atau York dll , yang dilengkapi dengan ring piston ) kok lebih awet meskipun tanpa perawatan ?
Ac model lama rata – rata menggunakan sistim lama pula , yaitu dengan menggunakan kompresor yang dilengkapi dengan ring piston . Sehingga yang terjadi adalah power consumtionnya terlampau tinggi . Mesin dirasa berat disaat ac di on kan , apalagi jika mesin mobilnya dibawah 1500 cc maka akan sangat membebani .
Ac sekarang lebih minim penggunaan dayanya namun sangat perlu perawatan ditiap periode tertentu . Karena konstruksi yang lebih kecil dari pendahulunya dan tidak dilengkapi lagi ring piston lagi .

▪Perawatan Ac dimaksudkan adalah mencegah kerusakan dini , misal kebocoran selang . Kebocoran selang karet akan memicu pula keluarnya refrigerant keluar keangkasa dan ini akan memicu terjadinya global warming dikemudian hari . Jadi seandainya anda pengguna ac mobil peduli dengan lingkungan maka sebaiknya memeriksakan atau mengagendakan waktu tertentu untuk perawatan ac berkala .

▪MESKIPUN REFRIGERANT YANG KITA PAKAI ADALAH R134a BUKAN BERARTI FREON INI AMAN TERHADAP LINGKUNGAN DALAM WAKTU YANG LAMA . HFC 134a SEBAGAI PENGGANTI CFC 12 NYATANYA JUGA PUNYA GWP YANG MASIH TINGGI .

  • GWP – global warming potential
  • ODP – Ozone depletion potential

Komentar

Share artikel ini!

Similar articles
0 25

Leave a Reply